5.28.2009

PIJAT BATU BERAROMA Sehatkan Fisik dan Mental

Bagi Anda penikmat relaksasi di pusat-pusat kebugaran dan spa, ada satu teknik baru yang dijamin akan memulihkan tubuh dan jiwa yang kelelahan, yaitu Aroma Stone Massage (ASM) atau pijat batu aroma. Pemijatan yang satu ini mirip pijat biasa, bedanya cuma menggunakan batu panas dan dingin ditambah aroma terapi.

Menurut Windiyanti Nugroho, Direktur Pasific Sarana Cantik--penggagas ASM, konsepnya bukan hanya melepaskan kelelahan tubuh, jiwa ataupun pikiran. Tetapi lebih mengarah proses untuk menyatukan jiwa dan alam. Tubuh mengambil manfaat dari alam sehingga terasa lebih bugar.

"ASM merupakan terapi yang mengharmoniskan getaran, gelombang dari batu melalui pemijat dan orang yang dipijat. Batu yang digunakan untuk memijat bukan sembarang batu, tapi batu yang berusia tua dari gunung berapi. Untuk batu dari Indonesia berwarna kehijau-hijauan dan dari Peru berwarna kehitam-hitaman. Bentuk batu ada yang oval dan bulat dengan ukuran dari kecil sampai besar," katanya.

Keunikan ASM, kata Windiyati, batu dalam keadaan panas dan dingin. Batu panas berfungsi menidurkan, sedang batu dingin untuk membangunkan. Efek panas berasal dari batu yang direndam dalam air panas maksimal 57 derajat celcius.
"Jika Anda merasakan sangat panas, dapat meminta panas di turunkan sekitar 38-40 derajat Celcius. Batu sebagai kepanjangan tangan dari si pemijat. Sebelum batu diletakkan ke kulit Anda, maka batu tersebut akan diusapkan ke tangan si pemijat. Itu berguna untuk mengurangi efek panas langsung ke kulit Anda," ujarnya.

Selain itu, untuk menambah kenikmatan dan keseimbangan maka selama pemijatan Anda akan diberikan aroma terapi. Aroma yang diberikan berupa essensial oil dari ekstrak tumbuh-tumbuhan.

Aroma tumbuhan dilumuri di seluruh anggota badan yang ikut membantu menyegarkan tubuh. Hasilnya akan lebih menakjubkan dan optimal apalagi dengan pemijatan menggunakan batu panas dan dingin. Dengan begitu, aksi refleks, detoksifikasi dan oksigenasi terjadi di kulit. Tubuh akan mendapatkan rileksasi yang seimbang, sehingga aktivitas sirkulasi darah di kulit pun lebih lancar.

Walaupun ASM memiliki fungsi menyegarkan tubuh. Ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk ber-ASM dengan batu panas sekitar 57 derajat Celcius adalah infeksi, inflamasi, alergi dan oedema.

Selain itu Anda yang berpenyakit jantung ataupun pembuluh darah harus pikir-pikir dulu. Begitu juga penderita epilepsi, tekanan darah rendah dan tinggi, masalah sakit kepala yang sangat berat, dan wanita hamil.

Jika kondisi-kondisi tersebut Anda alami, bukan berarti Anda tidak boleh bermassage ria. masih ada kok, cara lain. Bagi yang berkulit sensitif, maka temperatur batu diturunkan ke panas normal, 37 derajat celcius. Saat batu menyentuh kulit Anda, maka pemijat akan menggosokkan sangat lembut sekali dalam arti tanpa penekanan yang keras.

Selanjutnya bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah rendah, cepat lelah, masalah pembuluh darah jantung, kegemukan, dan sakit jantung maka pemijat akan menggunakan batu yang dingin.

Batu-batu tersebut tidak akan diletakkan pada bagian-bagian seperti spinal column, perut, bagian sub-umbilical, pada daerah dada dan bagian kepala, ataupun daerah-daerah syaraf yang mempunyai masalah.

Sebelum dilakukan ASM, pasien berbaring telentang yang di bawahnya telah diletakkan sebanyak empat belas buah batu berukuran sedang yang disusun kanan dan kiri. Batu-batu tersebut tentunya memberikan efek penekanan pada bagian-bagian tubuh. Seluruh tubuh ditutupi selimut ataupun handuk, kecuali bagian wajah untuk selanjutnya dilakukan perawatan dengan emultion concentree.

Wajah akan dikompres dengan handuk hangat yang telah diberi aroma terapi, Phyto Bain. Handuk yang beraroma itu akan diusapkan perlahan ke wajah lalu dituntut sejenak untuk mendapatkan efek peresapan aroma ke kulit wajah. Setelah itu, barulah dibersihkan dengan Lait Nettoyant atau Nettoyant Creme dan dicuci air hangat. Setelah dibersihkan, terapis akan menyemprotkan sejenis lotion PS atau PNG ke wajah dan seperempat serum lalu diusapkan.

Setelah wajah selesai beralih ke kaki. Kedua kaki akan mendapatkan perlakukan yang sama seperti wajah. Untuk beberapa menit, kedua kaki terutama telapak kaki akan ditutupi handuk panas tersebut. Setelah itu, pemijatan dilakukan dengan memakai dua buah batu berukuran sedang, mulai dari telapak kaki, mata kaki, betis, tempurung lutut, paha, sampai ke pangkal paha. Rasakan dan nikmati sentuhan pijat dari sang terapis.

Terapi beralih ke bagian atas tubuh. Ketika batu berada di perut, pasien diminta menarik napas tiga kali agar aroma dapat terhisap. Selanjutnya, mulai dari perut sampai ke dahi dan kedua telapak tangan pasien akan diletakkan beberapa batu ukuran berbeda. Berbaringlah dengan rileks dan nikmati tekanan dari batu-batu tersebut.

Pemijatan berikutnya beralih ke bagian payudara dan leher. Pada bagian payudara akan diletakkan batu berukuran kecil sebanyak enam buah. Perasaan lelah dan pegal pada bagian tersebut akan sirna setelah mendapatkan pemijatan. Pada bagian wajah yang telah bersih juga dilakukan pemijatan. Mulai dari dagu, pipi, daerah sekitar hidung, pelipis, dan dahi akan mendapat sentuhan lembut. Untuk mengurangi lelah di mata, diletakkan batu pada kedua kelopak mata.

Setelah bagian depan tubuh dipijat, pasien diminta tengkurap untuk mendapatkan pemijatan. Sebanyak tubuh buah batu dengan ukuran berbeda akan diletakkan. Lima buah batu pada bagian badan dan dua batu pada telapak tangan. Pemijatan dimulai dari telapak kaki kanan dan kiri berlanjut sampai ke bagian pantat. Pada telapak kaki akan diletakkan batu berukuran sedang dengan handuk hangat.

Langkah pemijatan selanjutnya beralih ke tubuh belakang. Pemijatan dapat dilakukan dengan cara memutar-mutar batu ataupun maju-mundur. Pemijatan tetap dengan gosokan lembut dan sedikit penekanan. Saat pemijatan itupun, pasien akan mendapatkan aroma terapi di tubuh.
Untuk menutup pijat ASM, terapis akan melakukan pemijatan seperti pohon pinus. Batu akan digerakkan di bagian belakang tubuh, ke kanan dan ke kiri. Batu yang dipergunakan adalah batu dingin dengan maksud memberikan efek membangunkan

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Jangan Bengong Aja Silahkan Berkomen disini..

Alnect computer Blog Contest

Tukeran Link

Blog Iseng

SETETES HARAPAN ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO